Cara Tepat Mengatasi Internet Lambat di HP Android


Internet saat ini telah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat di era digital saat ini. Lambatnya kecepatan internet di smartphone Android menjadi kendala utama yang dimana orang-orang sedang melakukan aktivitasnya di rumah.

|Baca juga : Pertolongan pada Touchscreen yang Tidak Berfungsi

Padahal kebutuhan untuk internet semakin meningkat di kala adanya wabah Covid-19 yang mengharuskan kita untuk berada di rumah.

Nah, berikut ini ada beberapa cara agar koneksi internet dapat kembali lancara di ponsel Android

1. Pastikan Sinyal Jaringan Tinggi

Jaringan dengan sinyal tinggi menjadi salah satu syarat utama agar rapat online dapat berjalan dengan lancar. Dan buruknya jaringan akan berdampak pada buruhnya kecepatan koneksi internet.

Jaringan yang buruk akan membuat rapat online tidak dapat berjalan dengan kondusif. Pertama-tama, saya menyarankan agar kamu mengecek kecepatan internet menggunakan situs pengecekan kecepatan internet di situs  www.speedtest.net.

|Baca juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Saat WFH? Coba Cara ini!

loading...

Apabila kecepatan internet sangat lambat, pengguna dapat mencari posisi lain. Bagi pengguna ponsel atau tablet yang menggunakan WiFi dapat mendekati router WiFi untuk mendapatkan sinyal WiFi yang lebih baik.

2. Hapus atau Disable Aplikasi dan Widget yang Tidak Terpakai

Dilansir dari Whistleout, kamu dapat menghapus atau disable aplikasi dan widget yang tidak terpakai untuk mempercepat koneksi internet.

Oleh sebab itu, meskipun kamu tidak membuka aplikasi dan widget tersebut, mereka akan tetap berjalan di belakang layar dan memakan koneksi internet.

3. Pastikan Matikan Tethering atau Hotspot

Koneksi internet yang tiba-tiba menurun dapat disebabkan oleh penggunaan tethering atau hotspot. Kamu bisa saja mematikan tethering sehingga banyak perangkat yang menggunakan koneksi internet kamu.

Hal ini akan membuat kecepatan internet kamu menurun drastis. Meskipun hal ini sangat mendasar, pada kenyataannya banyak orang yang sering lupa untuk mematikan tethering setelah menggunakannya.

4. Reset Pengaturan Jaringan

Jika ponsel Android kamu mengalami kendala tersambung ke wifi atau ke jaringan seluler, maka ada kemungkinan besar terdapat masalah dengan pengaturan jaringan kamu.

Dilansir dari Business Insider, kamu dapat mereset pengaturan jaringan tanpa harus khawatir ponsel kamu juga ikut ter-reset sehingga menghapus seluruh data yang ada di ponsel.

Caranya cukup mudah. Pertama kamu buka pengaturan di ponsel. Kemudian pilih “system” atau “general management” tergantung dari sistem operasi yang digunakan.

Selanjutnya pilih ‘reset’ atau ‘reset options’, kemudian ada pilihan ‘reset network settings’.

Selanjunya perangkat kamu kemudian akan melakukan restart secara otomatis. Apabila ponsel kamu telah menyala kembali, pengaturan jaringan telah ter-reset.