Cara Mengatasi MacBook Tidak Bisa di Shut Down


Pernah mengalaami masalah dimana MacBook kamu tidak dapat dimatikan dengan benar? Tenang saja, kali ini saya akan memberikan tip dan trik agar kamu dapat mematikan MacBook kamu dengan baik dan benar.

Baca juga : 5 Aplikasi Download Manager Untuk MacBook

Cara yang dapat kamu lakukan sangat normal. Silahkan klik tombol Apple di samping kiri atas lalu klik Restart untuk memulai ulang MacBook. Secara normal, Mac akan melakukan shut down atau mati lalu menyala secara otomatis.

Namun yang terjadi adalah, proses shut down tidak berhasil. MacBook tidak bisa restart karena proses shut down untuk melakukan restart tidak berhasil. Mac hanya menampilkan layar hitam saja.

Solusi sementara adalah force shut down dengan cara menekan dan menahan tombol power. Untungnya proses booting berhasil dan bisa kembali masuk ke desktop. Setelah mencari ke sana kemari, ternyata masalah utamanya adalah di MySQL yang tidak bisa di-kill.

Cara mengatasinya? Tentu saja dengan uninstall MySQL kan? Ya benar, namun kenyataannya tidak semudah itu. Meskipun kamu sudah hapus dan uninstall MySQL, tetap saja proses bernama “mysql” masih belum mau menghilang. Bahkan melakukan kill process manual juga tidak bisa.

Ketika melakukan shut down Mac, proses shut down juga tidak bekerja seperti sebelumnya. Dan hanya terpaksa mematikan Mac secara paksa untuk menyalakannya kembali. Untungnya Mac juga masih bisa booting dan masuk ke desktop seperti sedia kala.

Jika Mac tidak bisa shut down dan tidak bisa restart setelah update dari OS X ke macOS, kamu bisa mengatasinya dengan tutorial berikut ini.

1. Jika kamu install XAMPP, hapus dulu XAMPP dengan uninstaller yang ada di dalam folder XAMPP di Aplikasi.

2. Hapus semua sampai tuntas lalu cek Activity Monitor apakah ada process bernama “mysql”.

3. Jika ada, coba kill mysql process tersebut. Apakah bisa kill process?

4. Jika ternyata tidak berhasil, jangan khawatir. Kamu buka Terminal lalu masukkan semua command ini ke Terminal secara urut.

sudo rm /usr/local/mysql

sudo rm -rf /usr/local/mysql*

sudo rm -rf /Library/StartupItems/MySQLCOM

sudo rm -rf /Library/PreferencePanes/My* nano /etc/hostconfig

5. Setelah perintah ini, akan muncul text editor. Jika ada tulisan MYSQLCOM=-YES- maka hapus saja tulisan tersebut.

6. Untuk keluar, tekan CTRL+X lalu tekan Y untuk konfirmasi dan save. Tekan Return atau Enter untuk menyelesaikan penyimpanan.

7. Setelah itu, kamu lanjutkan perintah Terminal seperti di bawah ini

rm -rf ~/Library/PreferencePanes/My*

sudo rm -rf /Library/Receipts/mysql*

sudo rm -rf /Library/Receipts/MySQL*

sudo rm -rf /private/var/db/receipts/*mysql*

Jika sudah, coba kamu kill process yang bernama “mysql” di Activity Monitor. Jika berhasil di-kill, coba kamu restart atau shut down Mac kamu.

Kemungkinan besar sih sudah bisa shut down atau restart. Hanya karena satu buah process yang tidak mau mati membuat seluruh sistem macOS menjadi tidak bisa mati. Kamu harus selalu melakukan force shut down untuk bisa mematikan MacBook tersebut.

Nah, itu tadi cara untuk mengatasi MacBook yang tidak bisa di shut down. Share jika artikel kali ini bermanfaat untuk kamu, terima kasih