Perbedaan SSD dengan HDD


SSD dan HDD merupakan opsi yang bisa digunakan sebagai media penyimpanan atau storage harddisk terbaik untuk membuat kinerja atau performa PC dan Laptop anda lebih baik dari sebelumnya. Namun banyak yang belum mengetahui tentang pengertian dan perbedaan SSD dan HDD itu sendiri. Ada beberapa faktor yang bisa anda jadikan acuan untuk membedakan antara ketiga penyimpanan tersebut. Berikut penjelasannya.

Singkatan dan Pengertian

SSD(Solid State  Drive)

SSD(Solid State  Drive) merupakan perangkat peyimpanan generasi yang baru, berbasis teknologi flash memory untuk menyimpan data. Karena menggunakan Flash, SSD tidak memiliki komponen bergerak. Karena kecepatan transfer yang dimiliki oleh SSD, maka SSD telah banyak digunakan oleh Netbook High-End dan Server. Dan SSD memiliki penyimpanan yang sangat kecil di bandingkan dengan HDD.

HDD (Harddisk Drive)

HDD (Harddisk Drive) merupakan perangkat yang paling umu digunakan untuk saat ini, dan  HDD adalah generasi lama serta menggunkan teknologi yang tidak berubah sejak puluhan tahun. HDD berbasis platter (piringan) berputar untuk menyimpan data, oleh karena itu cukup beresiko saat bekerja karena komponen-komponennya bergerak. HDD memiliki penyimpanan yang sangat besar dari pada SSD.

Bentuk dan ukuran

Tanpa komponen bergerak, SSD adalah pilihan penyimpanan tertipis yang tersedia. Sangat cocok untuk PC tipit, ringan dan minimalis serta desain industri yang lebih kompleks. Untuk netbook standart, SSD tersedia dengan tinggi 7mm. Sedangkan HDD tersedia dalam dua bentuk yaitu 7mm dan 15mm.

loading...

Komponen dan Cara kerja

HDD merupakan singkatan dari Harddisk Drive dan sedangkan SSD adalah Solid State Drive. Didalam HDD terdapat komponen mekanik dan elektronik. Bagian mekanik pada HDD terdiri dari piringan, motor dan lengan yang terhubung ke piringan. Proses pembacaan data dilakukan dengan melalui proses mekanik, dimana piringanan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke dalam komponen elektronik yang mengolah data, menempel pada piringan yang berputar dan melakukan pembacaan data.Proses pengolahan data HDD dilakukan karena sinergi antara aktivitas mekanik dan elektronik. Pada SSD terdapat komponen elektronik seperti Intergrated Circuiti (IC), Micro Chip, dan komponen elektronik pendukung seperti kapasitor. Proses pembacaan data dilakukan secara elektronik sama seperti proses yang terjadi pada Flashdisk dan RAM.

Kecepatan Baca

Untuk kecepatan dalam transfer data ataupun dalam pembacaan, SSD lah yang paling cepat. Kecepatan membaca data SSD 8 Kali lipat dibandingkan dengan HDD. PC atau Laptop yang terpasang SSD dapat melakukan proses booting dalam hitungan detik saja. Begitu berbeda bukan? Yah perbedaan pembacaan yang sangat singnifikan dari SSD tidak dapat dikalahkan oleh HDD.

Efek-efek yang ditimbulkan

HDD menggunakan Piringan, Sehingga menghasilkan efek samping yang kurang baik, sebagai berikut:

  1. Terlalu panas
  2. Penggunaan listrik yang terlalu banyak
  3. Menimbulkan suara yang kasar saat proses pembacaan data
  4. Menimbulkan getaran yang sangat besar

Untuk SSD sendiri yang tidak memiliki piringan, sebagai berikut:

  1. Suhu SSD yang stabil
  2. Konsumsi listrik yang lebih sedikit.
  3. Tidak menimbulkan suara kasar saat pembacaan data
  4. Tidak terasa getaran yang besar

Harga

Dalam masalah harga sendiri, HDD masih terbilag murah dari pada SSD. Tapi kamu tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan SSD, sekarang pun dengan kapasitas 120 GB kamu sudah bisa membelinya sekitar 300-400rban. Sedangkan HDD yang kapasitas 500GB kamu bisa membeli dengan harga 500-600rban.

Jadi silahkan tentukan pilihanmu, mau menggunakan SDD atau HDD. Silahkan tentukan pilihan